Kamis, 17 Mei 2012

Mahkota Dewa


berawal dari ayahku yang suka banget sama yang namanya tanaman, dan akhirnya menurun padaku. dulu, waktu aku masih berumur 13-14 tahunan, ayahku sering sekali mengembil buah dihalaman belakang, mengirisnya tipis-tipis dan menjemurnya sampai kering, tak jarang ada orang yang meminta buah kering tersebut yang ternyata adalah buah Mahkota Dewa, krena aku penasaran, akhirnya aku mencari beberapa referensinya dan informasikan di blog ini.

kurang lebih seperti ini pohonku dulu
sayang sudah di tebang
Tanaman Mahkota Dewa sudah dikenal sejak jaman dulu yang oleh orang-orang jaman dulu dijadikan sebagai obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman yang mempunyai nama latin Phaleria macrocarpa ini bisa menyembuhkan penyakit antara lain menurunkan panas (anti piretik), menurunkan kadar asam urat, mengurangi rasa sakit (analgesik).
Tanaman ini biasa tumbuh di tanah yang berada pada ketinggian 10-1200 m dpl (diatas permukaan air laut) dengan batang utama memiliki banyak cabang, bergetah dan permukaannya kasar. Daunnya adalah daun berjenis tunggal yang letaknya saling berhadapan pada cabang-cabangnya, dan bertangkai pendek. Buahnya berwarna hijau saat mentah, dan berwarna merah saat sudah siap petik.



Tumbuhan ini bisa tumbuh 1,5 sampai 2,5 meter, tapi dirumahku bisa tumbuh sampai 3m juga, namun sayangnya sama ayahku sudah dipotong, dan tinggal tunas-tunasnya saja yang tersisa.
Hampir seperti pohon kelapa yang setiap bagiannya dapat dimanfaatkan. Tanaman Mahkota Dewa jga hampir dari semua bagian tubuhnya dapat dimanfaatkan dan mempunyai khasiat yang mujarab.
1. Kulit dan dagingnya dapat digunakan sebagai obat Disentri, bintik jerawat, dan psoriasis.
2. Daun dan bijinya bisa untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit seperti ekzim dan gatal-gatal.
Berikut ini, kandungan dari Tanaman Mahkota Dewa yang sudah dilakukan uji laboratorium :
1. Mahkota dewa terbukti secara ilmiah dapat menghambat laju pertumbuhan selkanker sampai 50%. Penelitiannya dilakukan dengan menguji nilai hambat pertumbuhan sel leukemia L210 oleh ekstrak mahkota dewa.
2. kulit biji dan buah memiliki aktifitas antioksidan yang sangat potensial

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar