Kamis, 17 Mei 2012

Sirih Merah


Ini adalah tanaman kedua yang akan saya kupas manfaatnya bagi kehidupan. saya juga menemukan tumbuhan ini tumbuh di halaman belakang rumah saya, karena saya jarang bertemu dengan tanaman ini yang sebenarnya masih satu keluarga dengan sirih hijau, jadi saya ingin mencari tahu untuk apa tanaman ini.

sirih merah dihalaman belakang
Sirih merah merupakan salah satu tanaman obat yang juga sudah sering digunakan pada kehidupan sehari-hari yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Sirih merah mempunyai nama latin Piper Crocatum ini dapat menyembuhkan penyakit antara lain ambeien, keputihan, dan menghilangkan bau mulut, mengurangi peradangan dan menghilangkan gatal.
Senyawa-senyawa fito-kimia yang terkandung dalam Sirih Merah antara lain alkoloid, saponin, tanin,flavonoid, dan  karvakrol dan telah diujikan dan tidak mengandung toksik. Oleh karena itu, secara empiris, sirih merah dapat menyembuhkan diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, menurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat, kanker, hipertensi, radang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi dan memperhalus kulit. Karvakrol bersifat desinfektan antijamur, yang bisa digunakan sebagai obat antiseptik untuk keputihan.

Sirih merah sangat bermafaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan sudah banyak dipergunakan sebagai obat herbal. Tapi pemakaiannya harus tetap dengan resep yang telah diajurkan. Jika pemakaian sesuai dosis yang diperlukan, maka tidak akan menimbulkan permasalahan di daerah kewanitaan.
Di pengobatan herbal, daun sirih merah ini digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan karena salah satu khasiat dari sirih merah adalah sebagai antiseptik, yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk membilas organ kewanitaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar