Selasa, 06 Maret 2012

Si Manis Penyebab Penyakit


almarhumah salah satu kucing
 kesayanganku


Pada tubuh kucing, terdapat parasit yang bernama Toxoplasma gondii. Parasit inilah yang dapat menyebabkan penyakit yang disebut toxoplasmosis. Toxoplasma merupakan penyakit yang menyerang hewan dan manusia, laki-laki maupun perempuan. Pada hewan, toxoplasma ini dapat menyerang hewan-hewan berdarah panas, seperti: kucing, anjing, ayam, burung, sapi, kuda, tikus, domba, babi, harimau, dan lain-lain. Mengapa selama ini hanya Kucing saja yang dijadikan sebagai ‘kambing hitam’, dikarenakan di dalam tubuh kucing, toxoplasma dapat berkembang biak dengan dua cara, yaitu seksual (mikro dan makro gamet) dan aseksual (membelah diri). Sementara itu, pada hewan selain kucing, toxoplasma hanya dapat berkembang biak dengan cara aseksual. Karena itulah, presentasi perkembangbiakan parasit ini pada kucing lebih besar daripada hewan-hewan yang lain.

Pada pria, kemandulan disebabkan karena toxoplasma dapat menginfeksi saluran sperma dan menyebabkan peradangan. Peradangan pada saluran sperma ini dapat menyebabkan penyempitan atau penutupan saluran sperma. Akibatnya, pria tersebut tidak dapat mengeluarkan sperma dan membuahi sel telur. Pada perempuan, efek yang ditimbulkan pun hampir sama. Infeksi toxoplasma dapat mengebabkan peradangan dan penyempitan saluran telur. Akibatnya, ovarium tidak dapat sampai ke rahim dan tidak dibuahi oleh sperma. Selain itu, toxoplasma dapat berpengaruh terhadap janin.
Bulu dan liur kucing dapat menyebabkan kemandulan hanya bila pada bulu dan liur tersebut terdapat kista toxoplasma.
Kalau sampai ada wanita yang terjangkit virus ini, maka saat dia mengandung, maka yang terjadi pada janinnya adalah cacat. Menurut pengalaman yang aku ketahui dan itu terjadi pada keluargaku sendiri. Wanita yang sudah terjangkit harus rutin menjalani seperti imunisasi, untuk membunuh virus. Kenapa dia harus seperti itu? Karena dia sudah hamil sebanyak 3 kali, namun saat diperiksakan kandungannya ternyata janinnya CACAT, daripada nantinya bayinya lahir cacat, maka sang Dokter memutuskan untuk menggugurkan janinnya, mumpung belum ada roh yang masuk... hehehe



Tidak ada komentar:

Posting Komentar